Nutrition Park

CUMI – CUMI GORENG CINCIN

Oleh NER Amelia Gandamana*

Resep ini merupakan resep yang mengingatkan saya pada teman-teman di IPB. Neni Haelani, Puput Yudhanti, dan Raye Fajar Utama this is the receipe that we’ve done! BANZAI!!!! Hope you’re all remember.

Sea food atau yang dalam bahasa Indonesia disebut hidangan yang berasal dari laut. Sea food ini terdiri dari beberapa macam diantaranya adalah dari jenis ikan, kepiting, udang, kerang – kerangan, dan cumi, baik yang berasal dari laut maupun yang berasal dari tambak.

Berikut ini merupakan kilasan tentang cumi-cumi:

Cumi segar badannya tampak padat, kenyal, warna cerah / kulit arinya tidak robek atau rusak, matanya terang, tangannya masih utuh. Cumi lebih mudah rusak dibanding dengan ikan, karena itu harus dimasak dengan cepat. Cumi terdapat banyak jenis diantaranya cumi – cumi dan sotong. Keduanya dari famili cumi. Ciri – ciri dari famili cumi adalah memiliki tentakel dan tinta.

Perbedaan antara cumi – cumi dan sotong adalah cumi – cumi badannya lebih panjang dan lebih ramping, mempunyai pedang (semacam tulang belakang yang tipis bentuknya hampir menyerupai plastik memanjang). Sotong memiliki ukuran yang lebih besar, lebih gemuk, dan lebih tebal, serta pedangnya lebih keras.

Cumi – cumi dan sotong dimasak sebentar agar tekstur tidak sekenyal karet. Mengolah keduanya dapat diungkep, ditumis, dibalut salad atau bakso. Selain dimasak sebentar agar tidak sekeras karet, keduanya dapat direndam dalam larutan soda kue dan air kapur sirih.

Menyiapkan cumi – cumi dan sotong: lepaskan tangan dan kepala dari badan, tarik hingga kepalanya terlepas dari badan; tarik keluar pedangnya buang kantung tintanya dan bersihkan bagian dalam; lepaskan kulit cumi – cumi maupun sotong mulai dari ujung yang lebar kearah ekor; dan cumi – cumi maupun sotong yang besar dipotong, sedangkan cumi – cumi yang kecil diolah utuh.

Tinta cumi sebaiknya dibuang agar daging tidak pahit, pedang pada cumi juga demikian. Lapisan kulit bagian depan yang berwarna ungu harus dibuang. Kepala dan bagian lendir didalam harus dicuci hingga bersih.

Berikut ini merupakan salah satu alternatif dalam pengolahan cumi-cumi. Contoh resep adalah cumi – cumi goreng cincin. Bahan yang digunakan adalah campuran terigu, kanji, gula, garam, bawang putih bubuk, merica, cabai bubuk. Resep ini menggunakan teknik deep frying yang dibagi dua, yaitu yang pertama deep frying dengan api sedang hingga setengah matang, kemudian dilanjutkan dengan deep frying dengan api kecil hingga matang. Angkat setelah kecoklatan dan sajikan dengan saus.

*) Dari berbagai sumber

 

Leave a comment